Sleep Disorder: 7 Hidden Problem pada Hidup Modern

sleep

Benarkah tidur dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari?

Sleepy Head

Gaya hidup modern yang serba cepat dan mengagungkan produktivitas telah membuat waktu tidur manusia semakin berkurang. Tidur identik dengan kemalasan, dan semakin banyak orang yang menganggap bahwa tidur membuang-buang waktu. Tidur dianggap sebagai kegiatan anti-produktif, dan semakin sedikit waktu tidur dianggap sebagai suatu kesuksesan dalam aktivitas manusia. Padahal, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas justru dapat meningkatkan produktivitas anda. Hasil kerja, mood dan perasaan, serta proses berfikir anda akan lebih baik apabila anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Tidak percaya, yuk baca artikel dibawah ini!

Benarkah tidur tidak memiliki manfaat? Apakah tidur cukup akan mengurangi waktu produktivitas saya?

Sleep Benefit

Tidak dapat dipungkiri, tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Ya, meskipun manusia tidak akan segera meninggal ketika tidak tidur, namun kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan baik fisik maupun mental, yang nantinya akan mengganggu produktivitas manusia itu sendiri.

Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas memiliki berbagai manfaat kesehatan, baik pada tubuh maupun pikiran anda. Dilansir dari situs health.gov, manfaat tidur cukup dan berkualitas antara lain sebagai berikut:

  • Tidak mudah jatuh sakit. Tidur membantu menjaga sistem imun tubuh agar tetap bekerja dengan baik. Tidur juga mengaktifkan hormon pertumbuhan pada anak – anak. Anak – anak yang memiliki waktu tidur yang cukup akan memiliki pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang lebih baik.
  • Berat badan terjaga. Kurang tidur akan mengaktifkan hormon kortisol, yaitu hormon stres. Hormon ini akan memicu rasa lapar, serta meningkatkan tahanan air pada tubuh, sehingga berat badan cenderung naik, hingga bisa menyebabkan terjadinya obesitas sentral (kegemukan yang berpusat pada perut). Kurang tidur dapat menimbulkan junk food craving, yaitu rasa ingin mengemil makanan yang tidak sehat seperti snack atau junk food.
  • Menurunkan risiko gangguan kesehatan yang serius seperti diabetes melitus dan penyakit jantung. Aktifnya hormon kortisol secara terus menerus juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes melitus dan penyakit jantung.
  • Mengurangi stres dan meningkatkan mood. Tidur membantu menstabilkan emosi dan memberikan tubuh waktu untuk beristirahat.
  • Berfikir lebih jernih dan hasil kerja yang baik di sekolah maupun pekerjaan. Isitirahat dan tidur yang cukup sebenarnya memiliki pengaruh positif bagi produktivitas anda. Tidur cukup akan membuat anda berpikir lebih jernih, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat bila dibandingkan saat anda telah lelah.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan orang sekitar. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat perasaan anda lebih baik karena tubuh anda memiliki kesempatan untuk berisitirahat. Anda akan bangun dengan perasaan lebih segar dan mood yang lebih baik.
  • Ambilan keputusan yang lebih baik dan menghindari terjadinya cedera

Jumlah Waktu Tidur

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 8 jam waktu tidur (sleep hour). Jumlah ini dinilai terlalu berlebihan pada masa modern ini, dan semakin sedikit orang yang memiliki waktu tidur yang sesuai.

Anak – anak cenderung membutuhkan waktu tidur lebih banyak bila dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut kebutuhan tidur anak sesuai dengan usianya:

  • Remaja : Membutuhkan 8 hingga 10 jam tidur malam setiap harinya
  • Anak Usia Sekolah : Membutuhkan 9 hingga 12 jam tidur setiap malam
  • Anak Usia Pra Sekolah : Membutuhkan 10 hingga 13 jam tidur setiap harinya (termasuk tidur siang)
  • Balita : Membutuhkan waktu tidur 11 hingga 14 jam setiap hari (termasuk tidur siang)
  • Bayi : Membutuhkan waktu tidur 12 hingga 16 jam setiap harinya (sudah termasuk tidur siang)
sleep
Bayi dan Anak – Anak Membutuhkan Waktu Tidur Cukup Untuk Pertumbuhannya. (Sumber: 3organic)

Kesimpulan

Tidur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun anda sibuk, luangkanlah waktu agar tetap memiliki waktu tidur malam yang cukup dan berkualitas. Sehingga, anda tidak akan kekurangan tidur yang ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental. Selain jumlah waktu tidur, sebenarnya tidur juga memiliki siklus yang sebaiknya tercapai apabila anda ingin mendapatkan manfaat dari tidur yang maksimal. Nantikan artikel mengenai Sleep Cycle selanjutnya, Salam Sehat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *