Probiotic &amp 10 Great Moves For Healthy Gut

probiotic

Probiotic dikenal sebagai bakteri baik untuk pencernaan kita

Probiotic: You’re Friendly Neighbourhood

Mengutip medicine.net, Probiotik adalah mikroorganisme hidup (pada kebanyakan kasus adalah bakteri) yang menyerupai mikroorganisme baik yang ditemukan di pencernaan manusia. Mereka disebut juga bakteri baik atau friendly bacteria. Probiotik dapat diperoleh dari makanan yang mengandung probiotik, serta suplemen probiotik. Probiotik bisa digunakan sebagai salah satu Suplemen terapi dan penunjang alternatif (complementary and alternative medicine atau CAM).

Baca juga mengenai sumber probiotik disini.

probiotic
Perbandingan Jumlah Bakteri di Lingkungan dan Dalam Tubuh Manusia. (Sumber: Medicinenet)

Jenis Probiotik

Kebanyakan probiotik serupa dengan bakteri baik yang ditemukan di perncernaan manusia, terutama pada bayi yang minum ASI. Seringnya, bakteri probiotik datang dari 2 grup yaitu, Lactobacillus atau Bifidobacterium. Dalam setiap grup, terdiri dari spesies yang berbeda (sebagai contoh, Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidus), dan setiap spesies memiliki variasi dan strain yang berbeda – beda pula. Terdapat pula probiotik umum, seperti Saccharomyces boulardii, merupakan ragi, yang berbeda dengan bakteri.

Probiotic dan Kesehatan Pencernaan

Makan Dengan Tepat untuk Kesehatan Mikroba

Apa anda anda makan tidak hanya menyediakan nutrisi bagi tubuh, tapi juga memberi makan bagi triliunan bakteri yang hidup di usus kita.

Setiap orang berbeda, tapi bila anda ingin meningkatkan kesehatan pencernaan anda, mengurangi berat badan, atau menjaga kesehatan tubuh secara umum, ada beberapa prinsip yang dapat dilakukan pada semua orang.

Tips Untuk Pencernaan Yang Sehat

  • Makan berbagai variasi makanan berbasis tumbuhan (plant-based foods). Pencernaan yang baik memiliki beragam komunitas mikroba, yang masing – masing memiliki makanan favoritnya sendiri.
probiotic
Makanan dari sumber nabati memiliki bnayak manfaat untuk bakteri baik. (sumber: Google)
  • Konsumsi banyak serat. Kebanyakan orang mengonsumsi serat lebih sedikit dari yang seharusnya. Buah, sayuran, kacang – kacangan dan gandum utuh merupakan makanan yang sehat untuk bakteri baik.
  • Hindari makanan olahan (highly processed foods). Makanan olahan kebanyakan menekan pertumbuhan bakteir baik pencernaan, dan bisa jadi malah mendukung petumbuhan bakteri jahat.
  • Makanan sumber probiotik. Contohnya yoghurt, mengandung probiotic yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik.
  • Pilih minyak zaitun extra-virgin dibanding sumber lemak lainnya. Minyak zaitun mengandung polifenol dengan jumlah tertinggi yang baik untuk mikroba pencernaan.
  • Antibiotik membunuh bakteri, yang baik dan jahat. Bila anda perlu minum antibiotik, pastikan bahwa diet anda memberikan asupan probiotik dan makanan pendukungnya.
  • Apabila asupan anda sebelumnya rendah akan serat, perubahan jumlah konsumsi serat secara tiba – tiba dapat menyebabkan kembung dan rasa begah. Lakukan penambahan serat secar perlahan dan tambahkan juga asupan air.

Probiotic vs Prebiotic

Prebiotik adalah makanan yang membantu menyuburkan bakteri pencernaan kita dan mendukung lingkungan hidup yang sehat bagi beragam bakteri baik. Makanan prebiotik biasanya banyak mengandung karbohidrat kompleks, seperti sayur dan gandum utuh. Nantikan pembahasan mengenai Prebiotik pada artikel mendatang. Salam Sehat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *