Hidrasi dan Imunitas: Important Relationship dan Covid 19

hidrasi

Benarkah air dan imunitas berhubungan?

Asupan air atau disebut juga hidrasi ternyata berhubungan erat dengan sistem imun tubuh. Asupan air yang cukup memegang peranan penting dalam berbagai fungsi sistem imun dalam melindungi tubuh kita.

Masih banyak masyarakat yang meremehkan fungsi penting air bagi tubuh kita. Air putih, atau mineral water memang tidak memiliki rasa dan seringkali dianggap tidak memiliki nutrisi. Padahal, air mineral memiliki banyak mineral yang penting bagi tubuh kita. Meskipun tidak mengandung kalori sama sekali, air mineral mengasup berbagai macam mineral untuk tubuh, serta air itu sendiri yang ternyata penting bagi berbagai proses dalam tubuh kita.

Baca lebih banyak mengenai manfaat air disini.

Peranan Hidrasi Untuk Sistem Imun

Ternyata, air juga berfungsi penting dalam menjaga sistem imun tubuh. kekurangan air, terutama dalam jangka waktu lama, bisa menganggu kekebalan tubuh, menimbulkan gangguan berbagai organ tubuh, dan berpengaruh terhadap kesehatan.

Dikutip dari webinar bertajuk “Healthy Hydration and Immunity” yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 8 April 2021, air memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

Pelebaran Pembuluh Darah

Pada reaksi peradangan yang melibatkan sistem imun, terjadi pelebaran pembuluh darah yang bertujuan untuk memberi jalan bagi sel imun dalam darah menuju daerah yang terinfeksi atau mengalami gangguan. Darah sebagai media pengangkut sel imun terdiri dari air. Apabila tubuh kekurangan air, proses pelebaran pembuluh darah akan sulit terjadi karena tubuh memiliki mekanisme untuk mempertahankan tekanan darah.

Sarana Sel Imun

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cairan darah berperan dalam membawa sel – sel imun untuk beredar ke seluruh tubuh. Apabila terjadi kekurangan cairan tubuh, maka darah akan mengenatl, dan pergerakan sel – sel imun menjadi sulit dan tidak leluasa. kekurangan volume darah juga akan menyebabkan sulitnya komunikasi antar sel imun.

Metabolisme Pencernaan

Air ludah tidak hanya berfungsi untuk melumasi mulut, namun juga mengandung enzimseperti amilase dan lipase yang berperan dalam metabolisme pencernaan. Dehidrasi akan menyebabkan produksi air liur di mulut, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan makanan.

Penurunan Fungsi Sel Imun

Dehidrasi ternyata dapat menyebabkan terganggunya fungsi dan jumlah sel imun seperti neutrofil.

Gangguan Alergi

Dehidrasi ternyata dapat menimbulkan pelepasan histamin dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan timbulnya reaksi alergi seperti gatal hingga urtikaria.

hidrasi
urtikaria atau biduran (kaligata) dapat juga akibat tubuh kekurangan cairan. (Sumber Gambar: Shutterstock)

Penyakit Ginjal Kronik

Kekurangan cairan secara terus menerus dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan pada ginjal dan menimbulkan penyakit ginjal kronik. Kekurangan air akan membuat volume darah mengental, dan menyulitkan ginjal dalam menjalankan fungsinya yaitu menyaring darah.

Hubungan Dehidrasi dengan Covid 19

Penyakit covid 19 tentunya akan berbahaya apabila tubuh tidak memiliki sistem imunitas yang baik. Kecukupan cairan tubuh akan membantu tubuh dan sel imun untuk mengatasi infeksi Covid 19. Selain itu, proses patofisiologi penyakit Covid 19 dapat menyebabkan badai sitokin, yang tentunya akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Pada saat ini, kecukupan cairan tubuh diperlukan untuk menjaga agar volume darah dapat mengimbangi pelebaran pembuluh darah. Apabila perjalanan penyakit covid 19 memburuk, dapat terjadi suatu keadaan pengentalan darah (hipercoagulate state). Pengentalan darah ini akan lebih mudah terjadi apabila tubuh dalam keadaan dehidrasi.

Kesimpulan

Ternyata, memastikan kecukupan cairan tubuh sangat penting dalam menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Pastikan asupan cairan anda cukup, istirahat teratur, dan makan makanan sehat dan seimbang agar kesehatan anda selalu terjaga.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *