Peran Akupunktur Fertilitas Pada Program Hamil

Memiliki buah hati adalah impian yang dimiliki oleh semua pasangan. Saat ini  Akupunktur Medik dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperoleh keturunan karena terbukti secara ilmiah dan banyak penelitian. Lalu, bagaimana cara kerja Akupunktur Fertilitas ini memperbesar peluang kehamilan?

Terapi Akupunktur Fertilitas merupakan pengobatan Medik yang berasal dari China dengan metode tusuk jarum pada titik-titik tertentu. Pada wanita infertilitas, akupunktur ditujukan untuk bekerja secara sentral dan lokal. Rangsangan sentral terhadap susunan saraf pusat menstimulasi hormon reproduksi yang akan menyebabkan aliran oksigen dan zat nutrisi menuju organ rahim maupun ovarium berlangsung optimal. Sedangkan reaksi lokal yang terjadi akan merangsang mikrosirkulasi darah, pembuluh darah dan saraf organ reproduksi di bagian perut serta imunitas. Terapi akupunktur menstimulasi sensorik khusus dengan mengaktifkan reaksi homeostasis atau keseimbangan tubuh.

Pada fertilitas pria juga sama, akupunktur bekerja secara sentral dan lokal melalui penusukan titik yang menyebabkan terjadinya vasodilatasi pembuluh darah termasuk pada testis dan epididymis (struktur dalam skrotum). Adanya jumlah dan kualitas sperma yang rendah, ketidakseimbangan sistem hormonal, pelebaran pembuluh darah balik pada buah zakar (varikokel), atau terjadi penyumbatan pada saluran epididimis (saluran keluar sperma) bisa dilakukan terapi akupunktur agar jumlah dan kualitas sperma meningkat.

Untuk melakukan terapi Akupunktur Fertilitas perlu keteraturan karena dianjurkan untuk rutin dilakukan. Setidaknya dua kali dalam seminggu hingga 12 kali terapi, dengan durasi jarum yang ditusukkan sekitar 30 menit. Namun perlu diketahui bahwa akupunktur tidak dapat mengatasi infertilitas yang bersifat genetik, kelainan kromosom serta kelainan anatomis. Tertarik untuk mencoba terapi akupunktur?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *